Info produk & pemesanan hubungi via WhatsApp : 0877-1683-9699
Beranda » Artikel Terbaru » Cara mengobati Punggung bungkuk

Cara mengobati Punggung bungkuk

Diposting pada 5 July 2018 oleh suplierbandung | Dilihat: 1.532 kali

Cara mengobati Punggung bungkuk

Untuk anda yang bingung bagaimana caranya mengobati punggung bungkuk bacalah artikel ini sampai selesai.
Baca jugaKorset penegak punggung

Kifosis adalah penyakit kelainan pada tulang belakang yang menyebabkan tubuh penderita melengkung ke depan melebihi batas normal atau bungkuk. Kifosis dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, radang sendi, osteoporosis, ataupun beberapa faktor lainnya, namun kifosis pada anak-anak dapat muncul tanpa sebab yang jelas. Kifosis dapat menimbulkan rasa lelah serta rasa nyeri dan kaku pada punggung.

Kifosis dapat mempengaruhi orang-orang di segala usia. Namun, jarang terjadi pada bayi baru lahir karena biasanya disebabkan oleh sikap tubuh (postur) yang buruk secara terus menerus. Kifosis yang disebabkan oleh sikap tubuh yang buruk disebut kifosis postural.

Adapun beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tubuh bungkuk adalah:

1.Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang paling rentan dialami oleh orang-orang yang telah memasuki usia lanjut. Osteoporosis menyebabkan penipisan pada tulang sehingga memungkinkan tubuh untuk mengalami kebungkukan. Tulang belakang yang telah tergerus dan mengalami penipisan akan mudah untuk melengkung sehingga menjadi bungkuk. Osteoporosis sangat rentan dialami oleh lansia dan juga wanita.

2. Degenerasi Disk

Di antara susunan tulang belakang kita terdapat disk yang memiliki bentuk lembut dan berbentuk melingkar. Makin tua usia seseorang maka akan semakin tergerus disk tersebut. Maka jangan heran jika usia tua akan sangat rentan untuk memiliki tubuh bungkuk.

3. Sering Menahan Rasa Sakit

Dua faktor penyebab tubuh bungkuk di atas biasanya terjadi pada orang-orang yang telah memasuki usia lanjut. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai faktor lain yang menyebabkan tubuh menjadi bungkuk. Sering menahan rasa sakit bisa menyebabkan bungkuk. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah tua. Siapapun bisa mengalami hal ini. Ketika Anda mengalami rasa sakit pada bagian otot punggung, leher, maupun pada bagian tubuh yang lain, maka Anda cenderung akan memposisikan tubuh Anda dalam kondisi meringkuk . Jika Anda sering melakukan hal tersebut maka lama kelamaan hal tersebut bisa menjadi kebiasaan. Cara menahan rasa sakit dengan meringkuk akan membuat bentuk punggung melengkung. Jika terlalu sering melakukan hal tersebut tentu bentuk tulang punggung lama kelamaan akan membungkuk. Karena itu, ada baiknya Anda tidak menahan rasa sakit dengan cara meringkuk. Sebaiknya, ketika Anda merasa sakit di bagian perut, punggung, atau bagian tubuh lainnya, Anda memposisikan tubuh dalam keadaan terlentang

4. Kekurangan Asupan Nutrisi

Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar membantu proses pembentukan otot dan tulang secara optimal, termasuk pembentukan otot dan tulang pada punggung. Jika Anda kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin dan kalsium maka bisa jadi tulang punggung dan otot Anda tidak cukup kuat dan juga fleksibel untuk membentuk postur tubuh yang sempurna. Karena itu, penuhilah asupan nutrisi Anda setiap harinya, terutama jenis asupan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan otot dan tulang.

5. Faktor Genetik

Meskipun kemungkinannya sangat kecil, namun faktor keturunan atau genetik bisa mempengaruhi bentuk tulang seseorang. Bisa jadi Anda sudah berusaha maksimal untuk memiliki bentuk tubuh ideal namun ternyata tidak memberikan hasil yang diinginkan. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh faktor keturunan. Seseorang yang memiliki bentuk tubuh bungkuk karena adanya faktor genetik biasanya mampu dideteksi sejak anak-anak. Jika Anda melihat tanda-tanda bahwa anak Anda akan memiliki tubuh yang bungkuk maka sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter tulang atau fisioterapi.

6. Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih (obesitas) juga bisa menjadi penyebab tubuh bungkuk. Selain itu, wanita yang memiliki ukuran payudara yang besar juga rentan memiliki tubuh bungkuk karena tubuh lebih banyak menahan beban di bagian dada. Sedangkan pria yang memiliki penumpukan lemak yang terlalu banyak di bagian perut juga sangat mungkin untuk memiliki tubuh bungkuk. Hal tersebut terjadi karena tubuh akan cenderung untuk condong ke depan sebab tubuh menahan beban di bagian perut. Karena itu, jagalah agar bentuk tubuh Anda berada dalam berat yang ideal

7. Kebiasaan

Kebiasaan dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga sangat mempengaruhi bentuk tubuh seseorang. Sebagai contoh adalah kebiasaan berjalan. Jika cara berjalan Anda sering mencondongkan tubuh ke bagian depan maka hal tersebut akan menyebabkan tubuh rentan untuk membungkuk karena tulang punggung terlanjur membiasakan posisinya. Selain itu, kebiasaan cara membawa tas juga bisa mempengaruhi. Jika Anda memiliki kebiasaan membawa tas di bagian salah satu bahu, maka kondisi tersebut juga akan membuat postur tubuh tidak sempurna. Tubuh bisa menjadi miring ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri, tergantung bagaimana kebiasaan Anda membawa tas sehari-hari. Untuk memperbaiki postur tubuh, sebaiknya Anda menggunakan jenis tas punggung. Namun, beban yang berada di dalam tas juga harus tetap dikontrol, jangan membawa beban yang terlalu berat sehingga menyebabkan bentuk tubuh tidak ideal.

8. Pilihan Pakaian yang Salah

Untuk menunjang kenyamanan tubuh saat beraktivitas, gunakanlah pakaian yang nyaman dan juga tidak menyiksa tubuh. Hindari pula pemakaian jenis sepatu hak tinggi terlalu sering. Ketika tubuh memakai pakaian atau sesuatu yang tidak nyaman, secara otomatis tubuh akan mengalami perubahan pusat gravitasi sehingga memungkinkan untuk mengalami bungkuk.

Pada kebanyakan orang, kifosis tidak menyebabkan masalah kesehatan serius, tapi tergantung karena penyebabnya apa dulu, kifosis itu dapat terjadi apa bila apabila di sebabkan karena sikap tubuh yang buruk maka kifosis akan menghadirkan gejala sakit pada punggung dan sesak nafas yang aka bertambah buruk di kemudian hari.

Jika Anda atau keluarga mengalami gejala-gejala atau ingin melakukan pencegahan terhadap masalah kesehatan tulang ini, Anda dapat mencoba menerapkan berbagai jenis olahraga dan tips agar badan tidak bungkuk dibawah ini :

1.) Peregangan dada
Olahraga pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bungkuk adalah peregangan dada atau bisa disebut juga dengan nama chest stretch. Latihan ini cukup sederhana dan dapat dilakukan dimana saja. Anda hanya perlu berdiri dengan tegak di samping sebuah tiang. Selanjutnya pegang tiang menggunakan tangan kanan dan posisikan kaki seperti saat sedang berjalan, yaitu kaki kanan di depan kaki kiri. Setelahnya Anda hanya perlu menggerakkan dada ke arah depan dan belakang berkali-kali sembari telapak tangan kiri berada di atas perut. Lakukan cara ini selama 30 detik per 3 set.

2.) Menggunakan bola pijat
Selain melakukan peregangan, Anda juga dapat menggunakan bola pijat untuk meningkatkan fleksibilitas otot dada. Jika Anda tidak memiliki bola pijat, Anda bisa membeli sebuah bola tenis.

Cara melakukan latihan ini cukup mudah, Anda hanya perlu memegang bola pijat dengan kedua tangan sembari meletakkannya di atas permukaan dada sebelah kanan atau kiri. Posisikan kaki seperti pada latihan poin kesatu. Gerakkan dada sembari ditekan ke arah bola. Lakukan olahraga ini selama 30 detik per 3 set.

3.) Upper back dengan foam rolling
Foam roll adalah busa berbentuk tabung yang cukup kuat dan biasa digunakan pada latihan aerobik ataupun senam dan yoga. Cara penggunaan foam roll ini untuk mencegah terjadinya penyakit kyphosis sangatlah mudah. Anda hanya perlu berbaring di atas foam roll dan cukup letakkan foam di bagian tengah punggung Anda. Lipat tangan Anda sembari memegang leher bagian belakang. Sedangkan untuk kaki lipat seperti saat Anda ingin melakukan sit up. Selanjutnya Anda hanya perlu menggerakkan punggung maju mundur dengan bantuan dorongan dari kaki.

4.) Posisi huruf Y
Olahraga dan cara mencegah badan agar tidak bungkuk (kifosis) selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan meregangkan otot dengan gaya huruf Y. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu berbaring telungkup atau berbaring dengan keadaan dada di bawah. Selanjutnya rentangkan tangan ke serong kiri dan kanan depan untuk membentuk huruf Y. Dari sini Anda mulai bisa mengangkat bagian badan depan ke atas dan pastikan bagian kepala, dada dan kedua tangan tidak menyentuh lantai.

5.) Tidur dengan posisi yang benar
Salah satu penyebab badan yang membungkuk adalah karena tidur yang salah. Oleh sebab itu, cobalah untuk merubah pola tidur Anda. Pastikan Anda tidur dalam keadaan yang nyaman, diantaranya adalah dengan meletakkan bantal di atas kepala ataupun leher. Bahkan jika perlu, Anda tidak butuh menggunakan bantal. Selain itu, Anda juga bisa mengawali tidur dengan badan mengarah ke kanan dan kaki yang lurus.

6.) Konsultasi ke dokter
Seperti yang sudah disebutkan pada awal pembahasan ini. Bungkuk atau kyphosis dapat disebabkan oleh jenis penyakit tertentu. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu ke dokter jika Anda memiliki salah satu penyakit tersebut. Misalnya saja Anda memiliki penyakit osteoporosis. Nantinya dokter biasanya akan memberikan obat penguat tulang yang secara tidak langsung dapat mencegah permasalahan yang terjadi pada posisi tulang belakang.

Bungkuk adalah keadaan yang tentunya dapat dicegah dengan melakukan berbagai macam langkah preventif. Selain menggangu aktivitas sehari-hari, bungkuk juga dapat membuat Anda kurang percaya diri. Oleh sebab itu, beberapa olahraga dan cara mencegah badan agar tidak bungkuk (kifosis) di atas sebaiknya Anda lakukan jauh-jauh hari ketika keadaan tulang punggung masih kuat dan normal.

Dengan melakukan beberapa cara atau tips diatas diharapkan Anda bisa melakukan langkah pencegahan sedini mungkin untuk mencegah kebungkukan atau kifosis. Olahraga dengan rutin dan teratur menjadi kunci pencegahan kifosis ini, selain itu konsumsi kalsium dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium tulang. Sehingga dapat disimpulan untuk mencegah berbagai penyakit, seseorang harus membiasakan diri untuk melakukan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan olahraga rutin, sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, termasuk agar terhindar dari masalah kifosis atau bungkuk ini.

Semoga informasi yang di sampaikan pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Bagikan informasi tentang Cara mengobati Punggung bungkuk kepada teman atau kerabat Anda.

Cara mengobati Punggung bungkuk | SuplierBandung.com

Belum ada komentar untuk Cara mengobati Punggung bungkuk

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 26%
STOK HABIS
Thermometer Digital Infrared LOTUS

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual thermometer digital infrared bandung Rp 1.300.000 Rp 1.750.000
Habis
Rp 1.300.000 Rp 1.750.000
Habis
Popular!
OFF 18%
STOK HABIS
Alat Bantu Dengar Hearing Aid AXVA EX-13

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

alat bantu pendengaran hearing aid kabel murah bandung Rp 160.000 Rp 195.000
Habis
Rp 160.000 Rp 195.000
Habis
Limited Edition
OFF 45%
QUICK ORDER
Barbel Dumbell Fitnes Besi 15 Kg

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual barbel dumbell set harga murah bandung Rp 825.000 Rp 1.500.000
Ready Stock
Rp 825.000 Rp 1.500.000
Ready Stock
SIDEBAR

Alamat Toko

Alamat Toko : Grosir Alat Fitness Jl.Leuwipanjang 32C Depan Bank BJB

Alat Kesehatan